Selasa, 27 Oktober 2009

Gempa Tektonik 7.6 SR Mengguncang Padang

Gempabumi tektonik kembali terjadi di Indonesia, Rabu (30/9/2009), kali ini melanda Padang Sumatera Barat. Gempabumi dengan kekuatan 7.6SR lokasi gempabumi berjarak lebih kurang 57 Km Barat Daya Pariaman-Sumbar dengan kedalaman 71 Km.

Gempabumi yang terjadi pukul 17.16 WIB tersebut dirasakan di Gunung Sitoli, Mukomuko, Sibolga, Liwa, Padang, Jakarta, Singapura hingga Malaysia. Kerusakan akibat gempa tersebut sangatlah parah, dilaporkan RS M Jamil pun ikut roboh sebagian, serta puluhan orang terjebak di dalam reruntuhan.

Warga panik dan berlarian menuju daerah yang lebih tinggi dikarenakan mereka takut gempa tersebut menimbulkan tsunami. Saat kejadian, seluruh barang kelontong bergerak tapi tak sampai jatuh. Puluhan warga berteriak panik sambil teriak histeris.

Gempabumi ini terjadi berselang kurang dari 24 jam setelah gempabumi besar dengan kekuatan 8.0SR juga melanda di Pasifik Selatan yang menimbulkan tsunami.

Adapun gempa susulan masih diperkirakan akan terjadi. Masyarakat di wilayah bencana diharapkan untuk tidak panik, dan tetap waspada akan gempa susulan. Dan jangan terpengaruh oleh isu-isu yang menyesatkan.
Sumber : BMKG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar