Selasa, 27 Oktober 2009

Naiknya Air Laut


Salah satu konsekuensi besar pemanasan global adalah naiknya air laut dan bahkan ketinggian permukaan air laut naik lebih cepat daripada prediksi para ilmuwan. (1)(2)

Ini benar-benar masalah dunia karena sebenarnya sebagian besar peradaban terletak hanya beberapa meter di atas permukaan air laut. Jadi, sekecil apapun kenaikan permukaan air laut baik akan berdampak besar pada ekonomi dunia dan kehidupan manusia.


Berdasar atas analisis terbaru yang dilakukan oleh tim gabungan Inggris dan Finlandia, ketinggian permukaan air laut selama 2.000 tahun terakhir stabil. Pengukuran menunjukkan kenaikan yang terjadi hanya sebesar 2 cm pada abad ke-18 dan 6 cm pada abad ke-19, tetapi tiba-tiba naiknya mencemaskan sebesar 19 cm, atau lebih dari separuh kaki selama abad lalu ini. Ini sebagian besar disebabkan oleh mencairnya lapisan gletser es. Rata-rata tingkat permukaan air laut global diramalkan naik antara o,8 meter hingga 1,5 meter pada akhir abad ini.(3)

Kenaikan mendekati 1 m akan mengancam banyak wilayah pesisir pantai dan juga kota-kota besar seperti London, New York, dan Tokyo.

Dr. Ron G. Prinn, Profesor MIT menyatakan bahwa bila lapisan es di wilayah tundra belahan Bumi utara lenyap seluruhnya, lebih dari 80 kali jumlah metana tahunan saat ini akan dilepaskan ke dalam atmosfer, dan kenaikan suhu udara empat derajat Celsius berarti kenaikan tingkat permukaan air laut sebesar lima meter. (5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar